RSS

Menilai Kinerja Guru Profesional

21 Apr

Menghasilkan siswa berprestasi tidak lepas dari kerja keras guru. Pola pembelajaran dan gaya mengajar guru dalam membimbing siswa ikut menentukan kualitas peserta didik yang dihasilkan. Berkaitan dengan itu bagaimana sesungguhnya menilai seorang guru yang layak mengajar (profesional) dalam mengajar ?

Salah satu instrumen yang digunakan untuk menilai profesionalisme guru adalah Indikator Kunci Kinerja Guru profesional (IKKG). Instrumen ini digunakan sebagai upaya pemotretan keberhasilan guru dan sekaligus menggambarkan kondisi objektif kegiatan belajar mengajar secara utuh. Kinerja guru yang diukur merupakan keterpaduan kinerja standar kompetensi guru yang tidak terlepas dari pola kesisteman sekolah. Keterpaduan kinerja tersebut dapat dilihat dari berbagai indikator yang mengacu pada standar kompetensi yang ditetapkan Menteri Pendidikan Nasional. Aspek penilaian mengacu Permendiknas No. 16 tahun 2007 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Penilaian kinerja guru dilakukan secara berkala dan berkesinambungan setiap tengah semester tahun pelajaran. Hasil penilaian akan ditindaklanjuti dengan pembinaan dan pada akhir tahun akan diajukan untuk rekomendasi (lihat tabel).

Tim Penilai

Agar data yang diperoleh cukup lengkap dan objektif selain kepala sekolah dilibatkan juga perwakilan unsur-unsur seperti:

1. Guru lain

2. Perwakilan peserta didik

3. Wali peserta didik dan unsur komite sekolah

Teknik Penilaian

Tim penilai kinerja guru sedikitnya 2 orang

Rentang nilai 1-100

Selisih nilai 1 dan 2 tidak lebih 20

Jika nilai suatu komponen < 70 pembinaan bagi kinerja guru perlu perhatian khusus

Hasil isian kuesioner digunakan sebagai cross check dan bahan pertimbangan

Pada saat mengajukan rekomendasi kinerja guru, perlu dipertimbangkan data data pribadi guru  yang bersangkutan

Sebagai dasar pertimbangan mengajukan rekomendasi perlu juga dilihat keberhasilan guru dalam membangun kerja sama dengan berbagai unsur.

Bentuk Penilaian

Guru yang menjadi sasaran penilaian diberi skor pada setiap aspek kompetensi guru inti yang masing–masing diberi bobot sesuai jumlah aspek kompetensi guru kelas/mata pelajaran. Adapaun contohnya adalah sebagai berikut.

Tahun                          : ……………./………………….

Nama Sekolah             :……………………………………………………………..

Nama Guru                 :……………………………………………………………

No Standar Kompetensi Aspek Kompetensi Inti Guru SkorMaksimal Jumlahskor
1 Kompetensi Paedagogik Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.Menguasai teori belajar dan prinsip–prinsip pembelajaran yang mendidik.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

Memenfaatkan teknolgi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

43

6

6

1

2

2

7

4

3

2 Kompetensi Kepribadian Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional indonesia.Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia , dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.

Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

23

2

3

3

3 Kompetensi Sosial Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.

Beradaptasi di tempat tugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman social budaya.

Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

23

2

2

4 Kompetensi Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

203

2

4

2

Total 91/92

Nilai Kinerja guru kelas = (Σ skor Pa ) + (Σ skor Ke) + Σ skor So) X (Σ skor Pr ) X 100

92

Nilai Kinerja guru Mapel = (Σ skor Pa ) + (Σ skor Ke) + Σ skor So) X (Σ skor Pr ) X 100

91

Kualifikasi Hasil Penilaian

Nilai kinerja guru dikualifikasikan sebagai berikut.

Rentang nilai Kualifikasi Keterangan
86 – 100 A Sangat Baik
71 – 85 B Baik
55 – 70 C Cukup
41 – 54 D Kurang
0 – 42 E Sangat Kurang

Rekomendasi Hasil Penelitian Kinerja Guru

No Rentang nilai Kualifikasi Rekomendasi Interpretasi rekomendasi
1 86 – 100 A R.1 1. Guru berkinerja sangat baik2. Pembinaan karier dioptimalkan
2 71 – 85 B R.2 1. Guru berkinerja baik2. Pembinaan karier dioptimalkan
3 55 – 70 C R.3 1. Guru berkinerja cukup2. Perlu pembinaan standar kompetensinya
4 41 – 54 D R.4 1. Guru berkinerja kurang2. Perlu pembinaan khusus
5 0 – 42 E R.5 1. Guru berkinerja sangat kurang2. Tidak layak menjadi guru

Sumber : Paket Pembelajaran Manajemen Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan (diolah)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada April 21, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: