RSS

Empat Langkah Menuju Merdeka Berbahasa

10 Apr

Menurut suatu hasil penelitian, ternyata bahasa yang paling banyak digunakan oleh manusia di bumi ini adalah bahasa Tionghoa, sedang bahasa yang paling populer adalah bahasa Inggris. Ini mungkin sebab negara bekas jajahan negara Inggris itu jumlahnya paling banyak, diikuti oleh negara Perancis dan Spanyol. Sebagai bahasa terpopuler, berbagai hasil penemuan dan informasi terkini umumnya ditulis dalam bahasa Inggris.
Sudah barang tentu, untuk bisa mengikuti perkembangannya kita harus bisa berbahasa Inggris. Sayangnya bagi kebanyakan orang, belajar bahasa Inggris masih menjadi momok. Ini mungkin karena motivasi belajar kurang kuat atau teknik belajar yang kurang efektif. Mari kita merdekakan diri dari keterbelangkangan informasi dengan kiat kilat belajar bahasa Inggris.

Langkah pertama
Belajar membaca dari kamus. Jika seseorang belajar bahasa Inggris (maupun bahasa lain) tanpa belajar membaca dari kamus maka dapat dipastikan bahasa Inggrisnya adalah apa yang disebut sebagai “pidgin english” (bahasa Inggris pasaran). Barry Farber yang menguasai 25 bahasa termasuk bahasa Indonesia mengatakan bahwa belajar membaca dari kamus adalah langkah pertama didalam belajar bahasa asing.
Bagi yang masih menggunakan kamus Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, disarankan untuk segera beralih ke kamus anak-anak (Children Dictionary) yang full Inggris-Inggris. Kamus Inggris-Indonesia Indonesia-Inggris umumnya banyak yang selain salah arti katanya juga salah cara membacanya. Selain itu, dengan menggunakan kamus Inggris-Inggris maka perbendaharaan kata bahasa Inggris-nya akan cepat meningkat.
Kamus yang baik adalah yang di pinggir kata yang kita cari ada kode cara membaca IPA (International Phonetic Alphabet) seperti Orang awam banyak yang membaca dengan salah kata seperti “chic” yang mereka baca sebagai “cheek” padahal harusnya dibaca “sheek”. Salah bacaannya bisa memberikan arti yang berbeda.
(saran penulis: software “talking dictionary” maka sangat membantu bagi yang mau belajar sendiri cara membaca dari kamus.

Langkah kedua
Membaca buku yang topiknya disukai. Bagi lulusan SMA, bekal Grammar Bahasa Inggris sudah memadai, tapi bagi yang masih risih silahkan membaca bukunya George Woolard “Grammar with Laughter”. Dengan membaca buku bahasa Inggris yang topiknya anda sukai maka anda akan senang dan tidak jenuh membaca buku tersebut.
Di dalam perjalanan, maka perbendaharaan kata anda akan meningkat, grammar anda lebih terasah (grammar yang peraturannya sulit akan dengan sendirinya terserap ) dan yang penting anda akan belajar istilah-istilah bahasa Inggris yang tidak ada didalam bahasa Indonesia begitu juga sebaliknya. Sangat disarankan untuk membaca majalah/koran dari negara yang bersangkutan.

Langkah ketiga
Menonton video/film/acara televisi yang disukai dalam bahasa Inggris. Software multimedia dari The Learning Company berisi film tour ke kota-kota besar di Amerika. Di film-film tersebut ada teksnya, jadi kita bisa belajar membaca teks tersebut sebelum melihat filmnya, sewaktu melihat filmnya, fungsi teks dimatikan untuk mengetest daya tangkap bahasa Inggris kita secara lisan.

Langkah keempat
Bercakap-cakap dengan Native Speaker. Dengan menggunakan Voice Chat di Internet maka sangat mudah untuk mencari lawan bicara native speaker. Kalau di Yahoo Messenger, tinggal masuk ke Yahoo Chat. Tolok ukur keberhasilannya adalah lawan bicara bisa mengerti apa yang disampaikan begitu juga sebaliknya. Demikianlah kiat kilat belajar bahasa Inggris, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 10, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: