RSS

KESEHATAN

” Anda penggemar french fries atau kentang beku? Sebuah studi di Amerika Serikat baru-baru ini mengungkap bahwa kentang beku cenderung memiliki kandungan senyawa pemicu kanker yang cukup tinggi. Berdasar studi yang dipublikasikan Journal of Agricultural and Food Chemistry, akrilamida terbentuk secara alami selama proses pengolahan. Kondisi inilah yang membuat kandungan akrilamida dalam kentang tak mampu tereduksi dengan baik sehingga dapat memicu kanker”.

“Mengonsumsi susu kedelai secara teratur akan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama karena kandungan fibernya. Selain itu setiap 200 ml susu kedelai mengandung kurang lebih 8 gram protein dan nutrisi signifikan lainnya seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2 serta kalsium. Kalau sudah begini, Anda tak akan kebingungan merasa lapar tatkala menjalankan program diet kan? Yuk mulai mengonsumsi susu kedelai mulai dari sekarang.”

“Bagi yang tidak mau punya timbunan lemak berlebih, jangan tiggalkan jam makan. Lebih baik kita makan 4 kali dalam sehari dalam porsi yang kecil dibandingkan dengan makan 2 kali dengan porsi yang besar. Dengan melewatkan jam makan maka sistem metabolisme tubuh akan turun dan membuat lemak dalam tubuh akan terakumulasi.”

” Konsumsi makanan dengan label “bebas lemak” bukanlah jaminan. Anda mungkin akan berpikir jika mengkonsumsi makanan tersebut maka Anda akan bebas dari lemak makanan. Namun mengkonsumsi makanan jenis ini akan membuat Anda semakin lapar sehingga Anda akan tertarik untuk makan lagi.”

” Tidur kurang dari 5 jam dalam sehari akan memicu penumpukan lemak di perut. Karena orang yang kurang tidur cendrung mudah lapar. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, hendaknya Anda pastikan tidur 6-8 jam per hari.”

“Sebagian besar permen karet yang mengklaim ‘bebas gula’ biasanya mengandung pemanis buatan, yang sulit diurai usus. Akibatnya, tubuh pun memproduksi gas berlebih sehingga dapat membuat perut kembung.”

” Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah dan sakit kepala.”

” Berdasarkan Dokumentasi PDII–LIPI dan Parimin S.P., manfaat jambu biji dapat digunakan untuk mengobati penyakit dengan resep penyajian sebagai berikut: Jambu Biji untuk memperkuat jantung, antikanker, dan memperlancar sistem pencernaan. Anda dapat membuat jus dari bahan jambu biji, apel, dan melon. Campur ketiga buah tersebut dan beri madu murni sekitar 100 cc. Kemudian blender hingga halus dan minum setiap pagi dan sore. ”

“Pola hidup tak sehat dengan mudah mematahkan kesehatan Anda. Kebiasaan merokok, membuka peluang dua kali lebih besar terkena ancaman stroke. Faktor lain yang memengaruhi adalah tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi. Namun, risikonya dapat dikurangi dengan tidak merokok, mengurangi garam, asupan lemak trans, makan ikan dua kali seminggu, dan berolahraga secara teratur.”

“Khasiat jambu biji yang beragam dapat kita peroleh dengan resep-resep yang tepat. Berdasarkan Dokumentasi PDII–LIPI dan Parimin S.P., manfaat jambu biji dapat digunakan untuk mengobati penyakit dengan resep penyajian sebagai berikut: Jambu Biji untuk mengobati Disentri. Sediakan akar dan daun jambu biji secukupnya. Potong kecil-kecil, cuci hingga bersih, dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusan ini secara rutin hingga tidak ada keluhan. ”

“Merica adalah salah satu obat penyembuh sakit kepala yang ampuh. Jika sakit kepala Anda mendadak hilang setelah makan sup, coba perhatikan. Sup mengandung merica dan bahan merica inilah yang telah menghilangkan sakit kepala Anda.”

“Dokter Aidil Fitria, Kepala Puskesmas Krueng Raya, Aceh Besar, kepada The Atjeh Times, Rabu pekan lalu, menjelaskan Omega 3 zat yang bersumber dari ikan ini memiliki banyak manfaat itu bersifat mikronutrien, yaitu zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, tetapi memiliki fungsi dan dampak sangat besar. Asupan Omega 3 dalam tubuh dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular dan pembuluh darah. Omega 3 berperan penting melancarkan sirkulasi darah dan mengikis lemak jahat yang menempel di arteri atau pembuluh darah.”

” Buah naga merah dikenal efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Buah naga merah adalah buah yang memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan dan juga membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Buah naga merah juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata karena buah naga merah ini juga mengandung karoten.”

” Cara sederhana mebersihkan telinga, gunakan handuk lembut yang direndam dalam air hangat. Bersihkan bagian luar dari lubang telinga secara perlahan.”

” Agar nafas selalu segar, gosok gigi 1jam setelah makan, sebelum tidur dan sehabis bangun tidur. Selain itu minum teh hijau(tanpa gula) sesering mungkin tapi jangan terlalu banyak,(misalnya habis 1 derigen, itu tidak boleh). Karena teh hijau merupakan antioksidan yang dapat membersihkan rongga mulut dan membebaskannya dari bakteri.”

“Merendam kaki dalam air hangat dicampur dengan garam Epsom (garam wangi) / minyak aromaterapi. Ini akan mengurangi kekakuan / sakit di telapak kaki, dan membuat tubuh lebih rileks. Dan dilanjutkan dengan mengoleskan krim pelembab pada kaki. Hal ini menghindari kaki menjadi terlalu kering akan menyebabkan kulit rusak di telapak kaki dan akhirnya membuat sakit kaki.”

“Terlalu banyak lemak tubuh dapat mengganggu produksi hormon reproduksi, yang dapat mengurangi jumlah sperma Anda dan meningkatkan persentase jumlah sperma menjadi abnormal. Seorang kemungkinan besar akan menghasilkan sperma berkualitas tinggi jika dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.”

“Mangga sering disebut raja buah, bukan hanya karena rasanya tetapi juga manfaat kesehatannya. Bulir halus dari mangga juga memiliki manfaat luar biasa pada kulit. Kaya dengan vitamin A dan antioksidan, membuat mangga efektif memerangi proses penuaan kulit, regenerasi sel kulit dan menjaga elastisitas kulit.”

“Menu sarapan yang mengandung serat dan protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak tergoda untuk ngemil lagi sebelum waktu makan siang, bahkan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit termasuk polip usus dan kanker kolon. Nikmati, misalnya, nasi pecel komplit, bubur ayam, bubur manado, telur mata sapi atau roti sandwich plus susu.”

“Mencuci tangan setelah mengerjakan sesuatu adalah cara yang paling disarankan untuk mematikan perkembangan virus flu. Kebanyakan dari kita pun mencuci tangan dengan basa-basi, hanya sekadar membasahi tangan dengan air. Padahal yang benar yaitu cuci tangan selama 20 sampai 30 detik, termasuk antara jari dan punggung tangan dan jangan lupa gunakan sabun, selain itu tindakan scrubbing membantu mengusir kuman yang tertanam dalam sel-sel kulit dan minyak pada kulit.”

” Jika Anda mengalami perut kembung setelah minum susu, mungkin Anda mengembangkan intoleransi laktosa. Jangan minum susu terlebih dahulu dan cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan manfaat yang hampir sama tetapi rendah laktosa seperti keju, yoghurt, produk susu bebas laktosa. ”

“Asupan vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C (jeruk, pisang, apel,kiwi, mangga,dll) saat pergantian musim seperti ini agar tidak gampang sakit/ terkena flu. Untuk mencegah dehidrasi, pastikan Anda telah mengkonsumsi banyak air putih sebelumnya. ”

“Sorbitol, xylitol, dan manitol adalah pemanis yang biasanya ditemukan dalam soda dan permen karet bebas gula. Hindari makan makanan yang mengandung pemanis buatan tersebut karena dapat memperparah perut kembung. Sebaliknya produk makanan yang dibuat dengan aspartam stevia lebih aman untuk perut kembung.”

“Merokok sangat akrab hubungannya dengan perkembangan penyakit seperti paru-paru. Namun, kebiasaan merokok juga memiliki hubungan langsung dengan masalah mata. Jika Anda seorang perokok, maka Anda berada pada risiko terkena sejumlah penyakit mata termasuk katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering, kerusakan saraf optik, dan retinotherapy bahkan diabetes.”

“Mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan seperti bayam, kangkung, dan sawi adalah sangat baik tidak hanya untuk kesehatan mata tetapi kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan adalah vitamin yang melindungi dan memperbaiki sel-sel dari kerusakan seperti infeksi sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Buah dan sayuran yang berwarna-warni tinggi akan kandungan antioksidan termasuk diantaranya berry, prunes, plum, kecambah, terong, kacang, dan anggur merah.”

” Orang usia lanjut yang memiliki level vitamin B,C, D dan E tinggi dalam darahnya memiliki daya ingat dan kemampuan berpikir yang kuat. Cukupi kebutuhan vitamin B12 yang biasanya terdapat di ikan, daging, telur, susu, dan daging unggas. Sebaiknya konsumsi vitamin ini dari sumbernya langsung ketimbang suplemen.”

“Berkurangnya kualitas tidur gara-gara tidak mematikan ponsel saat tidur juga berpengaruh pada kesehatan kejiwaan. Sebuah penelitian di Jepang mengungap, remaja yang tidur dengan membawa ponsel lebih rentan terhadap kecenderungan bunuh diri.
Tidak diketahui pasti hubungannya, namun kurang tidur memang bisa memicu depresi yang meruapakan salah satu pencetus kecenderungan bunuh diri. Terlebih karena penelitiannya dilakukan di Jepang, faktor budaya juga berpengaruh karena angka bunuh diri di negara ini memang sangat tinggi.”

“Setelah menopause, wanita kehilangan massa tulang lebih cepat daripada pria karena mengalami perubahan hormon dalam tubuh. Untuk mencegahnya, mulailah mengonsumsi 4-5 gelas susu per hari disertai dengan gerakan yang melatih fisik Anda, seperti jalan cepat/jogging.”

” Pria yang mengalami kebotakan (bukan karena genetik) berisiko lebih tinggi menderita kanker prostat. Hormon laki-laki androgen memainkan peran dalam kondisi ini. Androgen yang meliputi testosteron, dapat menghambat pertumbuhan rambut dan memicu perkembangan sel-sel prostat. Diperkirakan androgen dihydrotestosterone (DHT) meningkat pada pria botak, menyebabkan folikel rambut menyusut secara bertahap. Karena folikel semakin kecil, rambut melemah dan akhirnya berhenti tumbuh. DHT juga telah terlibat dalam perkembangan kanker prostat. ”

” Daging, keju dan junk food mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi seperti kolesterol, lemak ini mempersempit arteri, membatasi aliran darah ke organ intim pria. Buah-buahan dan sayuran mengandung nutrisi antioksidan dapat mengurangi plak dan meningkatkan aliran darah arteri. Setelah dua tahun, pria yang tetap mengonsumsi makanan dengan berlemak terus mengalami kesulitan ereksi. Tetapi pria yang mengubah pola makannya dengan memperbanyak buah dan konsumsi sayur akan tetap terjaga vitalitasnya. ”

“Jika Anda memiliki gen penyebab varises, sebaiknya gunakan kaos kaki elastis, jika mungkin, pakailah kaus kaki panjang yang mencapai lutut. Penggunaan kaos kaki khususnya diperlukan saat berada di ketinggian seperti saat berjalan-jalan di pegunungan atau saat naik pesawat.”

“Terus-menerus mengkonsumsi jus, tanpa mengkonsumsi buah secara langsung tidak baik. Ini dapat meningkatkan berat badan. Perlunya tetap mengkonsumsi buah segar bermanfaat bagi lambung, karena pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal. Jadi, tetaplah konsumsi buah segar, tidak seluruhnya dapat diganti dengan jus.”

“Agar darah dapat lebih lancar menuju jantung, saat tidur bisa meletakkan kaki diatas bantal atau ditempelkan di dinding dengan posisi lebih tinggi dari kepala. Hal ini khususnya dapat dilakukan jika telah terjadi pembengkakan akibat pembuluh darah yang menonjol. sehingga kaki bebas varises.”

“Menambahkan jus dengan susu membuat jus mendapat tambahan protein, kalsium dan lemak dari susu. Yang harus diperhatikan adalah jenis susu yang akan ditambahkan. Jika tidak ada masalah dengan berat badan/ingin menaikkan berat badan, dapat menggunakan susu full cream. Kebalikannya, adalah menggunakan susu low fat jika ingin menjaga berat badan dan agar lemak tidak berlebih.”

” Pada wanita hamil yang telah melahirkan, garis-garis akan memudar setelah bayi lahir, namun umumnya tidak dapat hilang 100% karena sudah terjadi robekan di bagian jaringan bawah kulit. Itulah, sebabnya kehadiran stretch mark menjadi sesuatu yang menakutkan bagi wanita hamil. Untuk mencegah atau meminimalkan timbulnya stretch mark, caranya memperbanyak konsumsi sayur, buah dan minum air. Oleskan lotion atau dapat menggunakan krim anti stretch mark yang khusus untuk wanita hamil. Penggunaan krim dapat dimulai sejak dini, sejak kandungan masih kecil dan belum terjadi perenggangan. ”

” Kandungan yang terdapat dalam coklat memiliki banyak manfaat bagi kulit, misalnya berfungsi untuk menjaga kelembutan, melembapkan, mengencangkan dan memperhalus kulit. Coklat juga dapat memperlambat penuaan pada kulit, termasuk mencegah kerutan pada wajah. Membuat masker coklat dapat dilakukan di rumah. Caranya, Cairkan coklat (Dark chocolate), lalu campur dengan susu bubuk full cream dan sdikit garam, dan aduk rata lalu dinginkan sampai mencapai suhu ruang, oleskan pada wajah selama 15-30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin. ”

“jika kita kurang mengkonsumsi air 2 liter dalam 1 hari, kebutuhan air ini masih dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi buah.”

“Buah pepaya memiliki daging berwarna oranye dan berbiji hitam bulat-bulat kecil. Betakaroten merupakan kandungan gizi yang tertinggi di dalamnya. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.”

” Pasti tidak asing dengan Minyak Kayu Putih? Asal minyak kayu putih dari daerah ambon, olahan dari daun dan ranting tanaman kayu putih. Mengandung eukaliptol, ester asetat, pinen dan limonen. Bermanfat menghilangkan perut kembung, sakit perut, menghangatkan tubuh.”

“Daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkankan kolesterol. Dapat pula menurunkan kadar gula dalam darah. Laos mengandung minyak atsiri untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol yang berlebih. Untuk mengkonsumsinya cukup rebus bahan tersebut bersamaan, lalu minum airnya rutin tiap 2-3hari sekali.”

“Madu mengandung hydrogen peroxide dan gluconic acid yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi dan membantu pertumbuhan sel baru sehingga luka menjadi cepat sembuh. caranya cukup oleskan madu pada bagian yang terluka”

“Seledri mengandung phthalide yang mampu untuk mengendurkan otot arteri sehingga menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi dan juga mengurangi produksi hormon stres. Bagi penderita hipertensi, konsumsi daun seledri secara teratur sampai tensi normal.”

“Agar mendapatkan khasiat yang maksimal, gunakan buah atau sayuran segar yang masih dalam kondisi segar. Jangan karena melihat buah atau sayur mulai layu, lalu karena sayang akhirnya dibuat jus. Ini akan membuat kualitas jus berkurang.”

” Kunyit mengandung kurkumin. Asam jawa mengandung fruit acid yang akan membuat darah haid menjadi lancar dan mengurangi kram perut.”

“Buah rambutan dengan ciri khas memiliki rambut dapat ditemui dengan mudah pada musimnya. Buahnya yang berwarna putih manis disukai anak-anak sampai orang dewasa. Kandungan antioksidan pada dagingnya sangat besar, sehingga baik untuk kesehatan. Salah satu yang memiliki rasa yang nikmat adalah rambutan rapiah.”

” Sroberi mengandung malic acid yang berfungsi sebagai pemutih alami. Lumatkan stroberi dan campur dengan setengah sendok teh baking soda. Oleskan pada gigi, diamkan selama beberapa menit kemudian bersihkan. Lakukan sesekali saja, karena asam ini dapat mengikis gigi Anda bila digunakan secara sering. ”

“Aromaterapi dengan menggunakan bunga lavender membuat seseorang lebih cepat tidur dengan nyenyak. caranya cukup oleskan minyak lavender pada bantal atau bawah hidung agar dapat tercium.”

” Minyak kemiri mengandung vitamin B6, vitamin E, thiamin, dan antioksidan fenolat. Manfaatnya untuk menyuburkan rambut, pengencang kulit, dan membantu mengatasi penyakit pernapasan. Minyak ini juga dapat menangkal sinar ultraviolet dari matahari. ”

” Bagi yang berketombe parah sekalipun, jeruk nipis dan cabai bisa jadi solusi. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan fruit acid. Sedangkan cabe rawit mengandung kapsaisin yang mampu membunuh bakteri atau jamur/ketombe sehingga kulit kepala menjadi bersih. Rendam irisan cabe rawit dalam perasan air jeruk nipis. Oleskan pada kepala sebelum keramas.”

“Pasta gigi dapat menetralkan rasa sakit akibat sengatan. Baking soda dapat memberi rasa nyaman pada luka sengatan. Caranya, Oleskan pasta gigi atau campuran baking soda dan air pada bagian yang tersengat. Jangan lupa untuk mengeluarkan sengat yang tertinggal pada tubuh.”

“Lidah buaya mengandung mucopolysaccharides yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antiradang sehingga membantu agar kulit yang melepuh tidak terinfeksi kuman juga mencegah terjadinya kemerahan akibat radang. Kandungan kolagen pada lidah buaya pencegah terjadinya pembengkakan. Selain itu, lidah buaya mampu memberi efek dingin yang membantu mengurangi rasa sakit. Caranya, oleskan lidah buaya pada bagian tubuh yang melepuh/terbakar atau terkena panas knalpot.”

” Banyak makan serat dari buah tidak hanya akan membuat tubuh sehat tetapi juga membuat kulit awet muda. Ada beberapa buah yang memiliki khasiat membuat kulit bercahaya karena tingginya kandungan vitamin C dan A serta antioksidan antara lain lemon, apel, mangga, pepaya dan jeruk. Lemon mengandung banyak vitamin C yang menjaga kulit tetap cantik. Segelas air hangat, lemon dan madu yang diminum di pagi hari dapat menjadi pembersih kulit yang luar biasa.”

” Untuk mengurangi kemungkinan dan meringankan dampak gangguang prostat mulailah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup yang sehat. Batasi porsi sajian daging merah, ikan, gorengan atau ayam Anda tidak lebih dari 90 gram sehari, perbanyak konsumsi sayuran, olahraga teratur, jangan terlalu banyak duduk, duduklah di bak mandi air hangat selama 20 menit sekurangnya sekali seminggu dan jangan lupa konsumsi makanan yang kaya seng seperti kerang, padi padian, biji-bijian, bekatul, susu, dan polong-polongan.”

” Banyak orang Indonesia yang belum familiar dengan buah goji berry. Yah, wajar karena buah dari marga berry berwarna merah dan berukuran kecil ini tidak ada di Indonesia. Buah yang dikenal sebagai buah sejuta manfaat ini berasal dari negeri China dan banyak terdapat di pegunungan Tibet, Himalaya. Buah ini mengandung banyak anti oksidan dan vitamin. Nah, antioksidan dalam buah itulah yang menjadi faktor yang bisa MEMEPERPANJANG USIA orang yang mengkonsumsinya. Selain antioksidan kandungan lainnya meliputi karbohidrat, protein, lemak, serat, energi, mineral, asam amino dan vitamin C saja terdapat 500 kali lebih tinggi kandungannya dari pada Jeruk.”

” Selain bisa dibuat bubur, kacang hijau juga bisa diolah menjadi es krim, pudding dan lain-lain. Siapa sangka, bahwa kacang hijau ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin, ibu hamil dapat menurunkan resiko bayinya mengidap asma. Kacang hijau juga dapat membuat rambut lebat. Fosfor dan kalium banyak terdapat pada kacang populer ini. Kedua mineral tersebut sangat baik bagi pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Bagi mereka yang sedang diet, sangat bagus untuk mengkonsumsi kacang hijau, karena memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat mengatasi kelebihan berat badan serta baik sebagai anti beri-beri karena kacang ini mengandung banyak vitamin B1. ”

“Ada beberapa cara yang dapat untuk mengatasi maag, cara pertama, siapkan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar dan rebus hingga mendidih dengan menggunakan 1,5 liter air. Minum 3 kali sehari dan rasakan perubahannya. Selamat mencoba. ”

“Cara lain untuk mengatasi maag adalah dengan menyiapkan 2 ruas kunyit dan cuci hingga bersih. Kunyit diparut dan ditambah air matang kira-kira 1gelas. Diperas melalui kain bersih dan diamkan, ambil air beningnya atau bisa juga langsung diminum. Minum 2 kali sehari sebelum makan dan sebelum tidur.”

” Tekanan darah tinggi yang dialami ibu hamil mampu mempengaruhi tingkat kecerdasan anak dalam jangka panjang kehidupan mereka. Krena tekanan darah tinggi selama kehamilan mampu mempengaruhi lingkungan janin, selain itu penurunan kecerdasan pada usia tua seringkali bermula dari keadaan seseorang ketika masih dalam kandungan. Jadi buat ibu hamil, jaga kondisi agar tekanan darah selalu normal.”

” Pria dapat mengurangi risiko mengalami stroke sekitar seperenam kali hanya dengan makan satu bar cokelat per minggu. Orang-orang yang makan sekitar 2,2 ons coklat per minggu-memiliki risiko 17% lebih rendah mengalami stroke dibandingkan yang tidak. Karena kakao/cokelat mengandung flavonoid, senyawa yang telah terbukti untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol “baik” (HDL), dan meningkatkan fungsi arteri. Flavonoid, jenis antioksidan juga dapat mengencerkan darah dan mencegah pembekuan yang dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. ”

” Bila bayi atau anak demam jangan panik dan tidak perlu buru – buru diberi obat penurun panas. Perhatikan dahulu penyebabnya. Bila suhu masih di bawah 38 derajat Celcius, maka bayi tak perlu obat penurun panas. Cukup kompres air hangat dengan handuk tipis di sekitar leher dan ketiak, bila suhu cenderung naik 38 derajat, bawa bayi/anak kepada tenaga kesehatan terdekat sambil tetap diberi ASI. ”

“Sedapat mungkin di usia emas masa BALITA anak-anak tidak banyak mengkonsumsi obat-obat kimia dan suplemen, kecuali atas indikasi medis dan sangat diperlukan. Ibu adalah orang yang paling utama untuk menjaga kesehatan bayi dan anak, jangan lupa berikan ASI agar anak selalu sehat bebas obat obatan. Karena ASI sumber kekebalan alami tubuh bayi. ”

“Mencuci muka lebih dari dua kali sehari dengan sabun pembersih muka akan membahayakan kulit wajah. Sebab minyak alami dari wajah akan terus bertambah jumlahnya. Makanya, cukup cuci muka Anda dengan sabun pembersih setiap bagi dan malam sebelum tidur.”

“Jika sabun cuci muka Anda memiliki khasiat melembapkan, menghilangkan minyak sampai jerawat, jangan buru-buru membilasnya dengan air. Biarkan sabun pembersih melakukan tugasnya terlebih dahulu. Setidaknya tunggu 30-45 detik atau lebih lama setelah menggosokkan sabun pada muka, lalu bilas dengan air bersih.”

“Air dingin mungkin memiliki efek segar dan air hangat membuat nyaman kulit. Namun kunci cuci muka yang sempurna adalah menggunakan air yang suhunya seimbang. Jangan terlalu panas karena bisa membuat kulit kering. Jangan pula terlalu dingin karena pori-pori tidak akan bisa terbuka.”

” Minuman soda yang kini kian digemari masyarakat terutama remaja memiliki kandungan yang sangat berbahaya yang bisa berdampak pada kesehatan khususnya bagi ibu hamil,karena bisa mengganggu kesehatan janin. Dalam minuman tersebut tidak hanya mengandung kafein tetapi juga sejumlah zat pengawet yang berbahaya. Karena itu jika terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda bisa meningkatkan resiko obesitas, gangguan lambung, membahayakan ginjal serta mengkonsumsi minuman bersoda minimal dua kali sehari akan mengalami peningkatan resiko kanker pankreas. ”

” Ingin anak Anda cemerlang dan berprestasi di sekolah? Mulai sekarang, perhatikan pola makan mereka sehari-hari. Cukupilah kebutuhan gizi dengan baik, demi mendukung aktivitas mereka yang padat. Salah satunya mengkonsumsi ikan, karena mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 seperti salmon ato ikan air tawar memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental. ”

” Bunga melati merupakan bunga populer karena wangi nya yang khas. Ternyata dibalik keharuman dan kecantikan nya, bunga yang memiliki nama Jasminum Officinale memiliki banyak khasiat. Dari jaman sejarah kuno, teh melati dikonsumsi untuk mengatasi nyeri otot, sendi dan sakit kepala. Melati juga memiliki sifat antiseptik yang bisa mengobati infeksi kulit. Dengan rajin mengkonsumsi teh melati, Anda juga bisa meringankan masalah pencernaan dan menurunkan berat badan secara lebih efektif. Teh melati juga mampu merusak karsinogen yang merupakan penyebab kanker serta menimbulkan rasa rileks bagi peminumnya. ”

“Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari. ”

“Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.”

“Makanan sehat untuk mengatasi stres umumnya adalah makanan fermentasi yang dimakaimg src=”https://udugudug.files.wordpress.com/2012/10/salam.jpg” alt=”” title=”salam” width=”260″ height=”192″ class=”alignnone size-full wp-image-685″ /n dalam kondisi segar, seperti tape singkong segar, makanan dari bahan kedelai, dan susu fermentasi segar (yoghurt). Makanan sehat lainnya adalah susu kedele segar, minuman cincau, dan mentimun segar.”

” Ternyata seledri mampu meluruskan rambut secara alami, penasaran? ini caranya, ambil beberapa daun seledri yang masih segar lalu tumbuk hingga hancur dan beri sedikit air. setelah itu peras dan ambil sari airnya, lalu masukan kedalam botol dan inapkan hingga semalam. Pagi harinya baru dapat dipakai sebagai Cream Bath(dengan cara dipijat-pijat hingga merata keseluruh kulit kepala), kemudian bilas dengan air dan keramas dengan shampo yang cocok. Lakukan rutin seminggu 2-3x.”

“Bawang putih untuk herpes. Caranya, ambil satu siung bawang putih dan potong menjadi dua. Makan setengahnya, sedang setengahnya lagi digosokkan pada daerah yang sakit.”

“Kentang telah digunakan sebagai obat arthritis/radang sendi sejak berabad-abad lalu, selain itu jug bisa untuk encok. Ambil kentang berukuran sedang dan potong menjadi irisan tipis. Rendam irisan kentang di dalam segelas air dingin semalaman. Berikan air tersebut kepada pasien pada pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong.”

“Kulit kering harus dirawat lebih dari jenis kulit lainnya. Kulit kering perlu pelembab dan pijatan lembut secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah. Oleskan krim atau minyak bayi setelah mandi. Ini akan membantu mempertahankan kelembaban.
Gunakan krim pelembab yang cocok untuk kulit anda pada malam hari. ”

” Malaria adalah penyakit infeksi dan yang jadi penybabnya adalah parasit protozoa. Mengenai tanda atau gejala dari penyakit malaria adalah : Demam,Menggigil,Sakit persendian (arthragia), Kejang, Muntah-muntah, Anemia. Apabila gejala atau tanda-tanda tersebut di atas maka secepatnya di lakukan terapi pengobatan, berikut adalah resep ramuan herbal alaminya. Caranya rebus 1 potong brotowali dengan 4 gelas air, angkat rebusan setelah mendidih dan air rebusan tersisa 2 gelas. Tambahkan gula aren secukupnya, dinginkan dan saring airnya. Minum ramuan 2 kali sehari, pagi dan sore masing-masing 1 gelas.”

” Gatal dapat terjadi pada kulit akibat terserang gigitan serangga,jamur maupun bakteri. Cara alami untuk mengatasi gata-gatal diantaranya dengan kulit labu bligo (labu tangkua) direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya digunakan untuk mandi rutin 1-2x sehari. Atau Seluruh Tanaman leunca digiling hingga halus kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.”

” Para wanita di Rusia terbiasa menggunakan kopi untuk digosokkan ke kulit mereka. Efek kecantikan yang didapat adalah hilangnya bau badan serta rona kulit yang cerah dan memancar. Mereka melakukannya saat bersauna supaya pengangkatan sel kulit mati berjalan secara optimal.
Sekarang tips ini sangat populer di dunia. Jika anda wanita yang sering merawat kecantikan wajah pasti mengenal Ramuan scrub. Nah lulur dari kopi ini berasal dari negara ini.”

” Jika kita lihat wanita jepang kebanyakan langsing-langsing. Sangat jarang kita melihat orang gendut di jepang. Wanita jepang itu makan ikan sekitar 69 kg pertahun. Mengganti makanan daging darat dengan ikan adalah salah satu cara langsing..ternyata juga dapat untuk menurukan resiko penyakit jantung.Oh ya ikan favorite mereka adalah salmon. ”

” Sebenarnya alergi adalah sebuah reaksi penolakan tubuh yang timbul akibat masuknya benda asing kedalam tubuh kita. Tetapi jika tubuh melakukan reaksi yang berlebihan terhadap benda asing tersebut, maka terjadilah hipersinsitivitas yang berupa alergi tersebut. Cara alami untuk mengatasinya, siapkan 6 lembar daun sirih, 1 ruas jahe kuning, dan 1 1/2 sendok minyak kayu putih, lalu tubuk semua bahan diatas sampai teksturnya halus, kemudian oleskan atau gosakan ramuan tersebut pada bagian badan yang gatal-gatal yang terkenal alergi. (ini untuk alergi kulit)”

“Kacang tidak hanya nikmat dimakan sambil menonton televisi, enak dilahap sebagai bumbu pecel dan sedap disantap sebagai selai roti. Kacang kaya akan nutrisi sehat yang merupakan bagian penting diet sehari-hari. Kacang mengandung berbagai asam lemak tak jenuh, protein, vitamin, serat dan mineral yang seimbang. Sebuah studi menunjukkan seporsi kecil kacang per hari menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Selain itu, kacang memberikan suasana hati yang baik karena merangsang produksi serotonin dan sekresi endorfin. Rambut, tulang, gigi dan kulit Anda juga mendapatkan manfaat dari vitamin E dan K pada kacang. Mungkin beberapa menyebabkan jerawat, itu karena makan kacang berlebihan,misal habis 1toples kacang.”

“Banyak manfaat yang bisa didapat dari hobi berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari dibutuhkan dalam proses pembentukan vitamin D, yang tak hanya baik untuk kulit dan tulang tapi juga bisa mengurangi dengkuran saat tidur. ”

” Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kandungan antioksidan, vitamin, dan komponen lain dalam teh membuat teh dipercaya sebagai minuman untuk meningkatkan fungsi imun dan mencegah kanker. Di banyak tempat, teh seringkali disajikan bersama dengan susu. Walau hasilnya lebih nikmat, tetapi menambahkan susu ke dalam teh bisa mengurangi kandungan berkhasiat dalam teh. Kerugian tersebut bukan cuma disebabkan oleh susu sapi saja, tapi juga oleh susu kedelai. Protein dalam susu kedelai juga menetralisir antioksidan teh. Karena itu jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari teh, mungkin teh dan susu sebaiknya diminum terpisah. ”

” Banyak makan wortel telah diketahui dapat menyehatkan mata. Tak hanya itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan wortel dapat membuat kulit sehat dan bercahaya, yang membuat orang makin menarik. Selain untuk kesehatan mata dan kulit, sayur yang banyak mengandung beta-karoten, vitamin A, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan besi ini dapat juga berfungsi menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah dan membersihkan cacing kremi.”

“Untuk tenggorokan gatal bawang putih bisa jadi alternatif, caranya taruh sepotong kecil bawang putih di mulut dan hisap selama 10-15 menit. ”

” Daun sirih mengandung zat antiseptic dan arimatik yang ampuh membunuh kuman dan bermanfaat untuk mengobati mimisan, sariawan, bau mulut, bau badam, gatal-gatal dan menyembuhkan luka pada kulit. Zat tannin-nya juga bisa menyembuhkan keputihan. Caranya, rebus saja daun sirih ini, lalu airnya diminum.”

“Selain berfungsi sebagai bumbu, kemiri terkenal ampuh memperkuat dan menyuburkan rambut. Untuk menyuburkan rambut, 6 biji kemiri ditumbuk halus, lalu dimasak sampai mengeluarkan minyak dan minyak tersebut digosokkan ke kulit kepala. Lakukan 3 kali seminggu. Getah dari kulit batang kemiri yang ditambah santan kelapa juga bisa mengatasi sariawan. Sementara getah daun kemiri yang diteteskan ke gigi ternyata bisa manjur menghilangkan nyeri di gigi. ”

“Jeruk nipis selain enak untuk dbikin minuman juga dapat membantu menurunkan demam, caranya cukup menarik yaitu peras jeruk nipis tambahkan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan lalu 1 sendok minyak kelapa. campur jadi satu. Oleskan pada kening penderita.”

” Banyak sekali manfaat Kunyit, dalam dunia kecantikan kunyit dapat Menghilangkan Flek Hitam yang terdapat pada Wajah anda. Caranya, campurlah bubuk kunyit dengan sedikit air perasan mentimun atau perasan jeruk lemon, kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat flek atau bintik bintik hitam, diamkanlah selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin, lakukan rutin setiap hari. ”

” Selain melancarkan air susu ibu (ASI), daun katuk kaya akan klorofil, paling banyak diantara jenis tanaman lain. Klorofil membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuangan sisa limbah metabotisme, sekaligus mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh manusia. Dan Juga untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.”

“Kandungan Buah merah mengandung tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi sehingga berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Dengan berkombinasi antara tokoferol dan betakaroten akan menghancurkan asam amino yang dibutuhkan oleh virus penyebab AIDS, HIV, sehingga virus tersebut tidak mampu melangsungkan hidupnya.”

” Protein yang terdapat dalam putih telur memiliki khasiat melembabkan kulit dan mempercepat proses pembentukan jaringan sel baru dalam kulit wajah. sehingga dapat menghasilkan kulit wajah yang cerah, bersinar, cantik, dan tampak awet muda. Caranya, sediakan satu butir telur ayam kampung / lebih bagus lagi telur organik ambil putihnya saja, aduk sampai berbuih, lalu paki buihnya itu untuk masker di wajah. Diamkan 15menit kira-kira dah mulai kaku lalu bersihkan pakai air. lakukan minimal 1minggu sekali.”

“Penyebab asam urat karena tergangunya fungsi lever, sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Menyebabkan asam urat tertampung di dalam ginjal menjadi batu dan dibawa ke ujung-ujung jari tangan dan kaki serta mengumpul di sana. Tokoperol dalam buah merah mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever, setelah sistem kerja lever membaik akan memperoduksi kadar asam urat yang normal.”

“Cara Menghilangkan Bekas Koreng atau bekas luka secara tradisional yaitu, Ambilah setengah ons beras Kemudian rendam selama 15 menit dalam air biasa setelah itu campur dengan setengah ons kencur. Tumbuklah campuran tersebut sampai halus. Usapkan pada bekas koreng atau bekas luka Lakukan setiap hari selama dua minggu ”

“Haid yang tidak lancar adalah masalah yang paling sering dihadapi oleh kaum wanita, terlebih pada usia remaja, untuk mengatasi hal itu ini ramuannya. Ambil 2ruas jari kencur lalu cincang,
Kemudian dicampur dengan 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya. rebus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas
kemudian disaring. Minum setelah dingin sekaligus, rutin tiap hari.”

“kegunaan air yang mengandung belerang atau sulf

“Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari. ”

“Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.”

“Makanan sehat untuk mengatasi stres umumnya adalah makanan fermentasi yang dimakan dalam kondisi segar, seperti tape singkong segar, makanan dari bahan kedelai, dan susu fermentasi segar (yoghurt). Makanan sehat lainnya adalah susu kedele segar, minuman cincau, dan mentimun segar.”

” Ternyata seledri mampu meluruskan rambut secara alami, penasaran? ini caranya, ambil beberapa daun seledri yang masih segar lalu tumbuk hingga hancur dan beri sedikit air. setelah itu peras dan ambil sari airnya, lalu masukan kedalam botol dan inapkan hingga semalam. Pagi harinya baru dapat dipakai sebagai Cream Bath(dengan cara dipijat-pijat hingga merata keseluruh kulit kepala), kemudian bilas dengan air dan keramas dengan shampo yang cocok. Lakukan rutin seminggu 2-3x.”

“Bawang putih untuk herpes. Caranya, ambil satu siung bawang putih dan potong menjadi dua. Makan setengahnya, sedang setengahnya lagi digosokkan pada daerah yang sakit.”

“Kentang telah digunakan sebagai obat arthritis/radang sendi sejak berabad-abad lalu, selain itu jug bisa untuk encok. Ambil kentang berukuran sedang dan potong menjadi irisan tipis. Rendam irisan kentang di dalam segelas air dingin semalaman. Berikan air tersebut kepada pasien pada pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong.”

“Kulit kering harus dirawat lebih dari jenis kulit lainnya. Kulit kering perlu pelembab dan pijatan lembut secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah. Oleskan krim atau minyak bayi setelah mandi. Ini akan membantu mempertahankan kelembaban.
Gunakan krim pelembab yang cocok untuk kulit anda pada malam hari. ”

” Malaria adalah penyakit infeksi dan yang jadi penybabnya adalah parasit protozoa. Mengenai tanda atau gejala dari penyakit malaria adalah : Demam,Menggigil,Sakit persendian (arthragia), Kejang, Muntah-muntah, Anemia. Apabila gejala atau tanda-tanda tersebut di atas maka secepatnya di lakukan terapi pengobatan, berikut adalah resep ramuan herbal alaminya. Caranya rebus 1 potong brotowali dengan 4 gelas air, angkat rebusan setelah mendidih dan air rebusan tersisa 2 gelas. Tambahkan gula aren secukupnya, dinginkan dan saring airnya. Minum ramuan 2 kali sehari, pagi dan sore masing-masing 1 gelas.”

” Gatal dapat terjadi pada kulit akibat terserang gigitan serangga,jamur maupun bakteri. Cara alami untuk mengatasi gata-gatal diantaranya dengan kulit labu bligo (labu tangkua) direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya digunakan untuk mandi rutin 1-2x sehari. Atau Seluruh Tanaman leunca digiling hingga halus kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.”

” Para wanita di Rusia terbiasa menggunakan kopi untuk digosokkan ke kulit mereka. Efek kecantikan yang didapat adalah hilangnya bau badan serta rona kulit yang cerah dan memancar. Mereka melakukannya saat bersauna supaya pengangkatan sel kulit mati berjalan secara optimal.
Sekarang tips ini sangat populer di dunia. Jika anda wanita yang sering merawat kecantikan wajah pasti mengenal Ramuan scrub. Nah lulur dari kopi ini berasal dari negara ini.”

” Jika kita lihat wanita jepang kebanyakan langsing-langsing. Sangat jarang kita melihat orang gendut di jepang. Wanita jepang itu makan ikan sekitar 69 kg pertahun. Mengganti makanan daging darat dengan ikan adalah salah satu cara langsing..ternyata juga dapat untuk menurukan resiko penyakit jantung.Oh ya ikan favorite mereka adalah salmon. ”

” Sebenarnya alergi adalah sebuah reaksi penolakan tubuh yang timbul akibat masuknya benda asing kedalam tubuh kita. Tetapi jika tubuh melakukan reaksi yang berlebihan terhadap benda asing tersebut, maka terjadilah hipersinsitivitas yang berupa alergi tersebut. Cara alami untuk mengatasinya, siapkan 6 lembar daun sirih, 1 ruas jahe kuning, dan 1 1/2 sendok minyak kayu putih, lalu tubuk semua bahan diatas sampai teksturnya halus, kemudian oleskan atau gosakan ramuan tersebut pada bagian badan yang gatal-gatal yang terkenal alergi. (ini untuk alergi kulit)”

“Kacang tidak hanya nikmat dimakan sambil menonton televisi, enak dilahap sebagai bumbu pecel dan sedap disantap sebagai selai roti. Kacang kaya akan nutrisi sehat yang merupakan bagian penting diet sehari-hari. Kacang mengandung berbagai asam lemak tak jenuh, protein, vitamin, serat dan mineral yang seimbang. Sebuah studi menunjukkan seporsi kecil kacang per hari menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Selain itu, kacang memberikan suasana hati yang baik karena merangsang produksi serotonin dan sekresi endorfin. Rambut, tulang, gigi dan kulit Anda juga mendapatkan manfaat dari vitamin E dan K pada kacang. Mungkin beberapa menyebabkan jerawat, itu karena makan kacang berlebihan,misal habis 1toples kacang.”

“Banyak manfaat yang bisa didapat dari hobi berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari dibutuhkan dalam proses pembentukan vitamin D, yang tak hanya baik untuk kulit dan tulang tapi juga bisa mengurangi dengkuran saat tidur. ”

” Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kandungan antioksidan, vitamin, dan komponen lain dalam teh membuat teh dipercaya sebagai minuman untuk meningkatkan fungsi imun dan mencegah kanker. Di banyak tempat, teh seringkali disajikan bersama dengan susu. Walau hasilnya lebih nikmat, tetapi menambahkan susu ke dalam teh bisa mengurangi kandungan berkhasiat dalam teh. Kerugian tersebut bukan cuma disebabkan oleh susu sapi saja, tapi juga oleh susu kedelai. Protein dalam susu kedelai juga menetralisir antioksidan teh. Karena itu jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari teh, mungkin teh dan susu sebaiknya diminum terpisah. ”

” Banyak makan wortel telah diketahui dapat menyehatkan mata. Tak hanya itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan wortel dapat membuat kulit sehat dan bercahaya, yang membuat orang makin menarik. Selain untuk kesehatan mata dan kulit, sayur yang banyak mengandung beta-karoten, vitamin A, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan besi ini dapat juga berfungsi menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah dan membersihkan cacing kremi.”

“Untuk tenggorokan gatal bawang putih bisa jadi alternatif, caranya taruh sepotong kecil bawang putih di mulut dan hisap selama 10-15 menit. ”

” Daun sirih mengandung zat antiseptic dan arimatik yang ampuh membunuh kuman dan bermanfaat untuk mengobati mimisan, sariawan, bau mulut, bau badam, gatal-gatal dan menyembuhkan luka pada kulit. Zat tannin-nya juga bisa menyembuhkan keputihan. Caranya, rebus saja daun sirih ini, lalu airnya diminum.”

“Selain berfungsi sebagai bumbu, kemiri terkenal ampuh memperkuat dan menyuburkan rambut. Untuk menyuburkan rambut, 6 biji kemiri ditumbuk halus, lalu dimasak sampai mengeluarkan minyak dan minyak tersebut digosokkan ke kulit kepala. Lakukan 3 kali seminggu. Getah dari kulit batang kemiri yang ditambah santan kelapa juga bisa mengatasi sariawan. Sementara getah daun kemiri yang diteteskan ke gigi ternyata bisa manjur menghilangkan nyeri di gigi. ”

“Jeruk nipis selain enak untuk dbikin minuman juga dapat membantu menurunkan demam, caranya cukup menarik yaitu peras jeruk nipis tambahkan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan lalu 1 sendok minyak kelapa. campur jadi satu. Oleskan pada kening penderita.”

” Banyak sekali manfaat Kunyit, dalam dunia kecantikan kunyit dapat Menghilangkan Flek Hitam yang terdapat pada Wajah anda. Caranya, campurlah bubuk kunyit dengan sedikit air perasan mentimun atau perasan jeruk lemon, kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat flek atau bintik bintik hitam, diamkanlah selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin, lakukan rutin setiap hari. ”

” Selain melancarkan air susu ibu (ASI), daun katuk kaya akan klorofil, paling banyak diantara jenis tanaman lain. Klorofil membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuangan sisa limbah metabotisme, sekaligus mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh manusia. Dan Juga untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.”

“Kandungan Buah merah mengandung tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi sehingga berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Dengan berkombinasi antara tokoferol dan betakaroten akan menghancurkan asam amino yang dibutuhkan oleh virus penyebab AIDS, HIV, sehingga virus tersebut tidak mampu melangsungkan hidupnya.”

” Protein yang terdapat dalam putih telur memiliki khasiat melembabkan kulit dan mempercepat proses pembentukan jaringan sel baru dalam kulit wajah. sehingga dapat menghasilkan kulit wajah yang cerah, bersinar, cantik, dan tampak awet muda. Caranya, sediakan satu butir telur ayam kampung / lebih bagus lagi telur organik ambil putihnya saja, aduk sampai berbuih, lalu paki buihnya itu untuk masker di wajah. Diamkan 15menit kira-kira dah mulai kaku lalu bersihkan pakai air. lakukan minimal 1minggu sekali.”

“Penyebab asam urat karena tergangunya fungsi lever, sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Menyebabkan asam urat tertampung di dalam ginjal menjadi batu dan dibawa ke ujung-ujung jari tangan dan kaki serta mengumpul di sana. Tokoperol dalam buah merah mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever, setelah sistem kerja lever membaik akan memperoduksi kadar asam urat yang normal.”

“Cara Menghilangkan Bekas Koreng atau bekas luka secara tradisional yaitu, Ambilah setengah ons beras Kemudian rendam selama 15 menit dalam air biasa setelah itu campur dengan setengah ons kencur. Tumbuklah campuran tersebut sampai halus. Usapkan pada bekas koreng atau bekas luka Lakukan setiap hari selama dua minggu ”

“Haid yang tidak lancar adalah masalah yang paling sering dihadapi oleh kaum wanita, terlebih pada usia remaja, untuk mengatasi hal itu ini ramuannya. Ambil 2ruas jari kencur lalu cincang,
Kemudian dicampur dengan 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya. rebus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas
kemudian disaring. Minum setelah dingin sekaligus, rutin tiap hari.”

“kegunaan air yang mengandung belerang atau sulfur adalah salah satu perawatan tertua dalam mengatasi masalah kulit, tidak hanya untuk menghilangkan jerawat, panu, kudis, kurap tetapi juga untuk berbagai masalah kulit lainnya seperti ketombe, alergi dan mengurangi jumlah minyak berlebihan di kulit. Pemakaiannya, cukup dibuat mandi/cuci muka.”

” Selain buah dan daunnya ternyata biji alpukat juga bermanfaat untuk beberapa penyakit, diantaranya adalah untuk pengobatan dapat digunakan untuk mengobati sakit Maag. Caranya, cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang, lalu diparut. setelah itu campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi kemudian saring, lalu minum sari biji alpukat tadi pagi dan sore sampai sembuh. ”

“Buah belimbing selain kaya akan vitamin C,juga dapat untuk mengatasi jerawat di wajah. Caranya cukup mudah, yaitu ambil buah belimbing secukupnya lalu tumbuk halus dan dicampur dengan air garam lalu dioleskan pada bagian jerawat 3 kali dalam sehari. ”

“Anggur Hitam terkenal mengandung serat dan antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber energi dan mencegah radikal bebas dari polusi udara, selain itu Manfaat Anggur Hitam juga bisa mencegah penuaan dini.”

“Kubis adalah salah satu sayuran hijau yang tidak kalah dengan brokoli . Dengan manfaat yang ada dalam kubis seperti mencegah kanker, sembelit, nyeri otot, resiko katarak, kulit dan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Hindari memasak terlalu matang, dan tambahkanlah kubis ke dalam salad anda sebisa mungkin karena kubis termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan.”

“Selain tape singkong, mengkonsumsi tape ketan putih atau tape ketan hitam juga bisa mengobati ambeien,bahkan ambeien yang sudah parah sekalipun. Konon ragi yang terkandung pada tape bisa menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan.”;

“Jagung ungu dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal. Umumnya diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, dengan pengonsumsian yang teratur maka jagung ini akan membantu menyeimbangkan gula darah tubuh.”

“Sering emosi atau nyeri di bagian tubuh tertentu sebelum dan saat datang bulan? Makan petai bisa menjadi obatnya. Vitamin B6 dalam petai akan membantu menjaga kadar gula dalam darah dan menjaga mood Anda tetap baik.”

“singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat dibandingkan kentang. Maka tak salah jika singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Singkongjuga rendah lemak dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Walaupun begitu, singkong memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan ubi, kentang dan pisang.”

” Rendah kalori dan tinggi serat, itulah Rebung bambu. Selain itu mengandung banyak antioksidan yang bisa memerangi radikal bebas penyebab kanker. Saran penyajian, Anda bisa mencampur rebung pada salad ataupun sup.”

“Biji bunga matahari kaya akan selenium untuk merangsang regenerasi sel-sel kulit muda. Makan segenggam biji bunga matahari setiap hari akan membantu Anda terlihat lebih muda, mencegah keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.”

“Sebutir ubi mengandung lebih dari 200 persen kebutuhan harian akan vitamin A. Vitamin ini memberikan warna kuning pada ubi dalam bentuk beta karoten. Beta karoten juga berperan penting sebagai antioksidan serta menjaga kesehatan mata.”

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari sawi putih. Sawi putih memiliki kandungan vitamin C, kalium, vitamin A, dan kalsium. Sawi putih sering digunakan dalam cap cay, asinan atau sup bening. Di negara Korea, sawi putih diolah menjadi kimchi, asinan sayur yang diberi bumbu pedas.

“Minum jus anggur 3 kali seminggu bisa mengurangi risiko gangguan ingatan hingga 76 persen karena kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit dan daging buah anggur adalah kuncinya.”

“Rajin minum susu coklat secara teratur ternyata bisa mengurangi peradangan penyakit atherosclerosis yakni plak yang menempel pembuluh darah yang memicu sakit jantung. ”

“Hindari posisi tidur tengkurap atau wajah menghadap bantal jika tidak ingin kulit cepat keriput, karena posisi tersebut bisa menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. ”

“bagi penderita ginjal, batasi makanan yang mengandung oksalat (bayam, teh, coklat, kacang-kacangan) karena oksalat membentuk kristal pada saluran kemih. ”

“Jangan mengonsumsi daging lebih dari 5-7 kali dalam setiap minggunya untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang dan jantung sehat. ”

” Bayam berbatang merah kaya akan potassium yang mampu mencegah kram pada otot sekaligus menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh. Untuk konsumsi bayam jenis ini, Anda bisa mencincang bayam, lalu menambahkan beberapa tetes olive oil. Dan mengonsumsinya dengan pasta ataupun nasi merah. ”

“khasiat buah jambu air – mendongkrak sel darah putih sbg anti bodi terhadap virus didalam tubuh sehingga tubuh tidak gampang sakit.”

“Ternyata daun meniran itu mempunyai banyak sekali manfaat daya sembuh diantaranya untuk radang Ginjal, anyang-anyangen, gejala batu ginjal. Caranya setengah genggam daun meniran ditambah 3 gelas air direbus tinggal tiga perempatnya kemudian di tambah madu diminum 2 x sehari.”

“Pasta gigi bisa membantu komedo pergi dari wajah. Caranya, basahi sikat gigi anda dengan pasta gigi. Gosok denhan lembut daerah yang terkena komedo. Tapi pastikan saat menggosok tidak terlalu dekat dengan mata, karena bisa membuat mata iritasi.
Jika komedo berada di hidung, pergunakan pasta gigi lebih sedikit. Jangan lupa selalu mensterilkan sikat gigi dengan air panas mendidih-setelah mengikuti metode ini.”

“Menyedu teh herbal rupanya dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Chamomile adalah satu jenis teh herbal yang memiliki khasiat tersebut. Selain itu, menurut buku The Doctor Book of Home Remedies, teh lemon dan madu juga tidak kalah bermanfaatnya. Lemon dapat menghilangkan lendir, sedangkan madu dapat mengurangi rasa sakit.”

“Otot keram? Kalau begitu Anda harus minum jus pickle (acar). Berdasarkan riset para peneliti North Dakota State University, mereka yang mengonsumsi jus pickle berhenti mengeluh dalam waktu 85 detik, atau 37 persen lebih cepat dari mereka yang mongonsumsi minuman lain. Jus pickle sudah tersedia di beberapa supermarket besar.”

“Komedo bisa hilang dengan lotion yang diramu dari bahan air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Oleskan lotion ke wajah Anda. Ini tidak hanya akan menyembuhkan komedo juga membuat wajah lebih cerah.”

“Sirsak punya banyak manfaat. Di dalamnya terdapat zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.”

“Untuk yang telah positif terjangkit DBD, Anda bisa mengobatinya dengan membuatkan Jus Kurma. Caranya : Ambil 500 gram kurma, buang bijinya lalu diblender dengan 5 gelas air sampai lembut. Minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis.

“Sering makan lalapan daun kemangi mentah bisa membantu mengatasi bau badan.”

“Makan apel membantu dalam membersihkan gigi dan gusi. Ini mengurangi kejadian gigi berlubang pada gigi.”

“Tubuh kita sebenernya tidak perlu diasupi nasi 3 kali sehari, itu berlebihan. Akibatnya? ngantuk, perut buncit. makanlah ragam makanan yang bervariasi seperti singkong, ubi, kentang,dll sebagai variasi pengganti nasi.”

“Rajin menyusui anak bayi bikin payudara awet muda. Penelitian ini juga menampik mitos mengenai dampak negatif dari menyusui bayi.”

“Protein dlm putih telur, atau disebut albumin, diyakini efektif membantu tubuh menyerap protein utk membangun otot.”

“Mineral yang terkandung dalam rumput laut, membantu menyingkirkan lemak dan air berlebih yang menumpuk pada tubuh.”

“Menu sarapan sehat dapat membantu kita menurunkan berat badan, resiko diabetes, maag, kolesterol, penyakit jantung dan stroke. Menu sarapan tersebut mengandung serat dan protein yang cukup, vitamin dan mineral yang seimbang.”

“Sarapan sehat berguna untuk penurunan berat badan. Selama tidur tubuh ada puasa sepanjang malam, dan di pagi hari anda berada dalam tahap pertama merasa lapar. Melewatkan sarapan membuat tubuh anda tetap “dalam kelaparan”, sedangkan memberikan sarapan yang bernutrisi akan meningkatkan metabolisme. Sarapan makanan sehat akan mampu meningkatkan kemampuan pembakaran lemak di dalam tubuh anda.”

” Dengan mengonsumsi jus kentang, bukan hanya sekedar mengobati radang perut, namun juga peradangan pada usus, serta gangguan sistem pencernaan.”

“Sudah sejak lama cokelat diidentikkan sebagai camilan yang mampu meningkatkan gairah maupun libido,terutama perempuan. Alasannya, karena cokelat mengandung phenylethylamine, senyawa alami antidepresi dan stimulan andrenalin yang sering disebut dengan ‘molekul cinta’.”

“Efek yang dihasilkan semangka sama dengan efek yang dihasilkan ketika seorang pria mengkonsumsi Viagra, yakni untuk mengatasi dan mencegah disfungsi ereksi. selain itu semangka juga bisa membantu sirkulasi air seni. Kandungan yang ada dalam semangka bisa mengeluarkan ammonia dan toxic berbahaya lainnya yang terdapat dalam tubuh. ”

“Antioksidan bernama katekin yang ditemukan dalam minuman teh pahit dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, menambah energi untuk bercinta, termasuk memperbaiki daya ingat, mood dan mempertajam fokus.”

” Untuk menambah stamina campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.”

“Bagi anda yang mau awet muda, konsumsi buah pepaya atau menjadikannya sebagai masker dapat membantu mengurangi keriput pada wajah. ”

“Untuk melebatkan rambut, ini resep alaminya. Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang(pohon padi kering), dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.”

“Bagi anda yang lagi flu bisa gunakan jeruk nipis untuk mengatasinya,caranya satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.”

“Temulawak bisa jadi alternatif pengobatan hepatitis ,caranya rimpang temulawak segar sebesar 2 jari dikupas kulitnya lalu diparut. Tambahkan air panas sebanyak 1/2 cangkir dan 1 sendok madu. Aduk campuran tadi sampai merata lalu dibiarkan mengendap. Minum beninggannya, ampasnya dibuang. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh. Atau
Rebus 10g rimpang temulawak kering dan 30g akar alang-alang (Imperata cylindrica) dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.”

“Secara tradisional buah kersen/talok/seri digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat,rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.”

“Buatlah jus sebanyak porsi sajian, jangan berlebihan. Setelah jus siap, minumlah langsung dan sesegera mungkin. Hal ini untuk menghindari proses oksidasi yang bisa merusak nutrisi yang ada di dalam jus buah. Selain itu, tentunya jus yang baru dibuat rasanya lebih segar.”

“Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah bisa menghilangkan jerawat maupun mencegahnya, baik juga untuk kulit berminyak.”

” Untuk mengobati vertigo secara alami, caranya setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari. ”

“Jeruk nipis juga bisa untuk meluruhkan batu ginjal, caranya dua butir perasan jeruk nipis diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

“Yang menarik dari buah semangka ini, ternyata bukan hanya daging buahnya saja yang bermanfaat. Bagian putih semangka mengandung senyawa yang berperan menyehatkan ginjal, seperti mencegah dan menghancurkan batu ginjal.”

“Bagi anda yang lagi batuk, jeruk nipis bisa jadi alternatif untuk mengobatinya. Caranya 1 jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.”

Dibalik bau yang di hasilkan, bawang merah ternyata memiliki manfaat yang melimpah. Kandungan propel alil disulfide dan kromium dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Quercitin, salah satu flavonoid yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, bahkan sampai penyakit kanker usus besar. Senyawa lain yaitu allicin, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah dan mengobati kanker, dan mengurangi tekanan darah tinggi, meski jenis rempah ini dicincang, bahkan dihaluskan sekalipun. ”

“Bawang merah menurunkan kolesterol, menghambat pengerasan pembuluh darah, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, dan membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. Bawang juga terbukti mampu memodifikasi gula darah dan membantu memerangi diabetes tipe 2 dan obesitas. Makan bawang merah bisa membuat gula darah dan berat badan tetap sehat.”

“Daun Asam Jawa mengandung bahan yang berfungsi sebagai anti radang, membantu mengeluarkan keringat, dan menghilangkan sakit antara lain rematik. Caranya 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara pemakaian, hasil tumbukan dikompreskan ke bagian yang sakit.”

” Untuk yang menderita asma, ramuannya: 3 siung bawang putih ditumbuk halus, lalu dicampur dengan 1 sendok makan madu, dan gula batu secukupnya. Dicampur sampai merata, kemudian campuran diperas dan disaring. Diminum setiap pagi sampai sembuh.”

“Air kelapa membantu menghilangkan rasa haus dan mengganti konsumsi air yang hilang, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit atau mineral yang seimbang dan mirip dengan cairan darah manusia. ”

“Jika Anda memiliki kulit kering, cobalah kunsumsi alpukat. Alpukat kaya lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, keduanya bisa membuat kulit sehat, lembut, kenyal, dan tampak lebih muda.”

” Butuh energi instan alami? Selain enak dikonsumsi apa adanya, buah apel bisa dipadukan dengan susu. Untuk lebih mendapatkan sarinya, ada baiknya buah apel dipotong dengan ukuran kecil hingga menyatu dengan susu. Untuk membuatnya cukup diaduk secara bersamaan, yakni susu dan buah apel. Ini akan memberikan instan alami selama berjam-jam.”
 

Tinggalkan komentar